Kamis, 16 Juni 2016

Melahirkan Serupedia Ke Dunia Maya

Menjadi hal lumrah jika orang ingin menciptakan sebuah karya. Baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Menciptakan karya banyak tujuannya, dari ingin disanjung puji sampai ingin menggali pundi-pundi rizki. Sejak jaman SMA saya memang selalu tergerak untuk menciptakan karya apapun itu. Lagu sampai membuat orang tertawa lewat canda.



Saat kuliah, dunia masih belum dikatakan melek akan dunia yang satu ini. Ya! dunia maya namanya. Dunia maya masih menjadi asing dan masih indah mencari apapun lewat dunia nyata. Orang banyak menciptakan situs, website bahkan jejaring sosial, namun masyarakat masih sedikit sekali yang menggunakan dunia maya.

Namun, dunia maya tak menyerah begitu saja. Sampai akhirnya dia bisa menaklukan dunia dengan koneksinya. Sekarang orang sangat gampang untuk berselancar di dunia maya. Mencari apapun tinggal klik atau search di google. Dapat !

tampilan awal serupedia

Ada keraguan saat akan membuat sebuah karya di dunia karya. Ragu karena apakah bisa diterima dan bisa bermanfaat buat banyak orang. Tapi keraguan itu sirna seiring tekad bahwa dalam hidup perlu ada karya dan bermanfaat buat orang lain.

"Sebuah portal blog". Ya! itulah ide yang tercetus dengan seketika. Apa namanya? dulu masih bingung! Nama yang dipilihpun asal-asalan.Tercetus saintekseru, serubanget sampai iTechnoPage. Namun nama itu tak mencuat di otak. mandeg.

Sampai akhirnya, tercetus sebuah nama di tanggal 24 januari 2012. SERUPEDIA. ya nama yang terbentuk dari dua kata. Seru dan Pedia. Seru, karena saya ingin membuat karya ini sangat seru dan membuat orang tertarik. Lagi dan lagi. Pedia adalah sebuah nama yang disematkan oleh sebuah situs raksasa bernama wikipedia. Kenapa pedia? karena nama itu sangat erat kaitannya dengan info yang bermanfaat.

Dari mana kontennya? awalnya saya hanya mengandalkan copas. Namun itu sama sekali bukan sebuah hal yang baik bagi intelektualitas. Awalnya semangat karena blog terselubung begitu gandrung dengan copas. Bahkan mereka mimiliki slogan " berbagi ilmu tak harus cerdas, bisa juga copas". Tapi lambat laun, tidak bangga juga punya karya tapi dari hasil mencuri jerih payah orang. Sampai akhirnya saya memutuskan menggunakan teknik dalam membuat ilmu. Menampilkan referensi. Membahasakan sendiri dan yang penting adalah berkreasi sendiri.

Di tiga bulan awal. Blog itu masih berlebel serupedia.blogspot.com. Tapat pada tanggal 29 Maret 2012 berganti menjadi serupedia.com. Lambat laun, trafikpun meningkat. Pada saat itu rata-rata 100 pageview/perhari. Lumayan buat blog baru. Semakin haripun semakin bertambah. Dan itu yang membuat saya bertambah bersemangat untuk terus membesarkan karya ini.

Di tahun 2013, saya bertemu teman yang merupakan orang yang mengajari saya pertama kali ngeblog. Namanya Sony Ramadhan. Saat itu saya mengajaknya untuk bereng-bareng menggarap serupedia dan membesarnya. Sony pun akhirnya bersedia. Dan saya bertambah semangat lagi. Konten demi konten kami buat dengan penuh semangat. Dan akhirnya rasa lelah itu terpuaskan karena trafik terus bertambah. Bisa mencapai 7500 pageview/hari. Namun uang belum kunjung datang. Disaat itulah Sony akhirnya mundur secara perlahan dari serupedia.


serupedia di tahun 2014

Mundurnya Sony membuat saya kekurangan semangat menguru serupedia, namun hal itu tidak membuat saya tidak berlarut-larut. Saya tetap mengurus serupedia sendirian. Membuat konten demi konten tanpa lelah. Disaat itu ada murid saya di SMA Taruna Bakti, Muhammad Taufiq, menawarkan diri untuk menjadi penulis, dengan antusias saya menerimanya. Namun intensitas ngepost tidak terlalu sering. Walau demikian saya senang karena saya tidak sendiri mengurus serupedia.

Ditahun awal tahun 2014 juga menjadi momentum baik, karena serupedia bisa bekerja sama dengan situs terkenal milik artis terkenal Christian Sugiono, Malesbanget.com. Trafik serupedia pun melonjak tajam, bisa sampai 30 K/hari. Rasa lelah pun terbayar. Kami sangat rajin bertukar konten. Kerjasama yang sangat menguntungkan, mengingat malesbanget.com adalah media besar sampai saat ini.


kerjasama dengan malesbanget.com

Mengurus serba sendiri memang sangat merepotkan sekaligus menguntungkan. Saat itu serupedia telah termonetisasi. Dan google adsense lah yang menyumbang pundi-pundi uang. Saya nikmati sendiri. Tapi sangat menyita waktu sekali. Sampai akhirnya di akhir 2014 kerjasama dengan malesbanget.om terputus, gara-gara saya kehilangan waktu mengurus sendiri.

Trafik pun akhirnya drop lagi. Di tahun ini juga tanpa sadar serupedia terkenal pinalty google. Banyak artikel yang terreindex yang menyebabkan trafik ambruk, alexa turun drastis. Ini akibat bergantinya algoritma google saat itu. 

Saya hampir menyerah. Tidak bersemangat dan bingung harus ngapain. Membuat konten pun akhirnya seadanya. Puncaknya pada bulan september 2015 saya vakum hampir setahun. Serupedia mati suri. Saya tidak menjamahnya lagi. Walau tidak diurus, trafik selalu ramai. 1500 PV/hari. Saya hampir benar-benar mematikan serupedia.

Sampai suatu saat, pada pertengahan februari 2016, ada line yang masuk ke line saya. Datang dari adik tingkat saya di jurusan fisika UPI, Rahadian Sri Pamungkas. Dia menanyakan tentang serupedia. Saya jelaskan saja bahwa serupedia sedang vakum dan tidak ada yang menggarap. Namun dia memberanikan untuk menawarkan diri mengurus serupedia. Awalnya saya ragu, tapi saat melihat passion dan semangatnya saya jadi yakin dan semangat kembali mengurus serupedia sampai saat ini.

Meet up pun sering dilakukan untuk terus membesarkan serupedia. Dan alhamdullilah trafik serupedia terus meningkat seiring waktu. 


serupedia saat ini. 2016.


Walau belum bisa sebesar situs seperti kaskus, malesbanget dll. Kami percaya kekuatan mimpi. Menggarapnya seperti melakukan typing point. Dan saya percaya hal itu. Tying point mengajarkan bahwa jika kita melakukan sesuatu sedikit demi sedikit dan dilakukan dengan konsisten serta kerja keras, suatu saat titik-titik yang kita kerjakan itu akan meledak dan menjadi besar.

Membesarkannya sama seperti membesarkan pohon jati. Harus dijaga, dirawat bahkan sampai terus diperhatikan.  Saya tidak terlalu memikirkan hasil. Yang penting karya ini bisa bermanfaat untuk banyak orang dan terus bisa dinikmati. Dan yang membuat saya senang adalah saat banyak celotehan bahwa mereka adalah pembaca setia serupadia dan merasa serupedia bermanfaat. Ini seperti bahan bakar dan penyemangat yang melebihi uang.

Serupedia saat ini...

Saat ini, saya ingin serupedia tidak hanya sekedar milik saya. Tapi bermimpi saya adalah serupedia bisa dimiliki semua orang. Melalui artikel ini saya mengaja kepada rekan-rekan yang membaca tulisan ini untuk menjadi Kontributor dan Guest Blogger. Jika punya blog, akan saya tampilkan profil teman-teman dan akan saya tanamkan backlink yang insyaALLAH berkualitas. 

Caranya? Hubungi saya di sms atau WA di 085722815800. Nantu kita bicarakan lebih lanjut.

21 komentar:

  1. waaaah, menarik nih. Tapi nggak yakin deh artikel-artikel yang aku tulis cocok di serupedia. Aku ngga suka nulis yang serius soalnyaaa :D Tapiii, jadi penasaran sama Serupedia, aku tengok-tengok dulu boleh yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. serupedia juga enggak terlalu serius juga kok...santai sih..

      makasih udah nengok mbak

      Hapus
  2. Menarik ini tawaranya menjadi kontributor di serupedia, tapi ane belum bisa ngetik yang baik dan benar jika mengenai dunia travaling mungkin bisa tapi masih tahap proses pembelajaran heee.

    salam kenal gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting bisa ngirim, nanti saya perbaiki dan publish di serupedia gan

      salam kenal juga,,,

      Hapus
  3. wuihhh manteb nih, sayang banget jangan sampai ditinggal, hidupkan kembali serupedia, ini artikelnya temanya bebas ya kalau mau kirim

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak evrina,,ngirim dong...saya suka tulisan mbak...

      Hapus
  4. wah asyik juga ya kalau ngirim artikel disini

    BalasHapus
  5. Waahh mau dong mas ikut kirim artikel ke Serupedia. Seruuu deh kayanyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak nulis di serupedia...dijamin keren mbak...hehehehe

      Hapus
  6. Bakal booming nih kayaknya :D

    BalasHapus
  7. Kalau kirim artikel ke seru pedia itu aman gak kang.

    BalasHapus
  8. wiih ada lowongan..wkwkwk:D
    salam kenal aja dulu ni mas Doni, dari blogger pemula asal Jombang Jawa Timur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas Fajar,,,

      ayo nulis di serupedia

      Hapus
  9. Wah kayaknya seru banget nih :D
    kapan-kapan dicoba ya mas. Hehehe

    BalasHapus
  10. Bakalan seru tuh , jadi pengen kirim artikel
    Mantab , akhirnya bisa kesampaian ... kalau saya pengen ke pantai lombok
    NLP Surabaya

    BalasHapus